Chat WhatsApp

Mencatat transaksi dalam jurnal umum

shape image

Mencatat transaksi dalam jurnal umum


Mencatat transaksi dalam jurnal umum
Jurnal umum digunakan untuk mencatat transaksi yang tidak dicatat melalui menu Kas & Bank, Aktivitas Penjualan, dan Pembelian. Transaksi dalam jurnal umum misalnya:
-    Mencatat biaya depresiasi aktiva tetap
-    Mencatat penambahan modal pemilik
-    Mencatat pengambilan uang tunai oleh pemilik dari kas atau bank
-    Mentransfer uang antar bank, dari kas ke bank, atau dari bank ke kas
-    Mencatat biaya-biaya operasional, seperti biaya listrik, biaya telepon, biaya sewa gedung, biaya transportasi, biaya pemasaran, biaya penyusutan, biaya perawatan aktiva, biaya gaji pegawai dsb.
-    Mencatat biaya lain-lain seperti biaya bunga pinjaman bank, biaya pajak atas pendapatan bunga bank, biaya kerugian penjualan aktiva dan sebagainya
-    Mencatat pembelian aktiva tetap secara tunai atau kredit
-    Mencatat pendapatan selain pendapatan dari kegiatan utama perusahaan, misalnya mencatat pendapatan bunga bank, laba penjualan aktiva dan sebagainya.
-    Mencatat Hutang selain hutang karena pembelian barang sebagai kegiatan utama perusahaan, misalnya mencatat hutang gaji, hutang listrik, hutang bank dan sebagainya.
-    Mencatat piutang selain piutang dagang atau piutang usaha karena penjualan barang atau jasa sebagai kegiatan utama perusahaan, misalnya mencatat piutang karyawan.

      Contoh-contoh transaksi yang terjadi pada perusahaan sebagai berikut:
1. Tanggal 2 Januari 2011 perusahaan membeli perlengkapan kantor secara tunai seharga Rp.10.000.000,00. Atas transaksi ini maka mengakibatkan:
- Perlengkapan kantor bertambah Rp.10.000.000,00 (dicatat disisi Debet)
-  Kas berkurang Rp.10.000.000,00 (dicatat disisi Kredit)
Langkah-langkah pencatatan yaitu sebagai berikut:
Ø Pada menu bar klik Aktivitas >> Buku Besar >> Bukti Jurnal Umum



Ø Selanjutnya akan terbuka lembar jurnal umum

Ø Isikan pada lembar jurnal umum sebagai berikut:
-          Pada No Voucher secara otomatis akan terisi
-          Pada Tanggal isikan tanggal transaksi
-          Pada Keterangan isikan keterangan transaksi
-          Pada kolom No Akun, masukkan rekening Perlengkapan kantor kemudian pada kolom Debet isikan Rp.10.000.000,00. Untuk berpindah ke baris kedua maka tekan tanda penunjuk kebawah pada keyboard. Lalu pada kolom No Akun masukkan rekening Kas dan pada kolom Kredit isikan Rp.10.000.000,00

Ø Jika sudah klik tombol ‘Simpan & Tutup’. Atau jika ingin membuat jurnal umum lagi klik tombol ‘Simpan & Baru’. Untuk mengetahui perubahan saldo akuntansi maka buka Daftar Akun, pada Daftar Akun klik ikon Perbarui.
                   

ØDapat diketahui setelah transaksi, saldo kas berkurang Rp.10.000.000,00 dan Perlengkapan kantor bertambah Rp.10.000.000,00

Posting Komentar

© Copyright 2020 DHC Solusindo

Chat WhatsApp

Form ini Dapat Digunakan Untuk Order atau Hubungi Kami

Chat Whatsapp